![]() |
Adword by Google |
Blogging merupakan hal yang sudah banyak dilakukan di musim teknologi ini, bertujuan untuk mengekspos diri atau mungkin bertujuan untuk menunjang penjualan yang dalam hal ini bersangkutan dengan E-Commerce. Beberapa hal perlu dilakukan sebelum pembuatan blog/website berjalan. Tahap pertama yang tidak asing merupakan perumusan "Niche", Niche merupakan hal yang perlu dirumuskan sebagai tujuan untuk mendetailkan isi/konten blog/website, atau sering disebut sebagai "Tema" dari website itu sendiri. Langkah awal perumusan niche sebaiknya tidak dilakukan dengan multiple niche, karna akan berdampak pada komersialisasi blog/web anda nantinya. jikalau memang multiple niche harus diambil, maka gunakanlah General Niche/ niche umum yang nantinya konten dapat beragam yang berisikan konten umum seperti portal berita.
Setelah melakukan perumusan niche mari kita membuat blog baru dari email Google yang telah dibuat. disaat pembuatan blog baru marilah kita melakukan riset "Keyword" yang nantinya juga dapat menopang SEO blog anda sehingga dapat eksis untuk bersaing di search engine Google.
1. klik google.com lalu search "Google Adword"; google adword terkenal sebagai media iklan berbayar bagi pemilik website untuk menunjang visitor website secara instan. tapi tenang, hal yang akan dibahas kali ini full free alias tanpa berbayar.
2. setelah muncul hasil search maka kliklah google adword. dan akan muncul home screen seperti dibawah ini:
![]() |
Adword Home by Google |
klik sign in dengan akun google yang telah disiapkan untuk membuat blog.
3. Setelah proses sign in/sign up selesai, maka akan di alihkan ke tampilan dashboard dari adword
![]() |
Setting Keyword Planner Adword |
bisa diperhatikan dari gambar diatas, dengan langkah klik "tools" kemudian pilih "Keyword planner". Sebelum masuk kedalam keyword planner kami akan jelaskan bahwa keyword planner merupakan tools gratis yang digunakan sebagai riset keyword yang akan dipakai dalam URL blog atau lebih dalam digunakan sebagai pelengkap Meta Data Keyword dalam engine dari blog itu sendiri. fungsinya adalah sebagai penunjang blog anda ketika user(orang) mencari/mengetik suatu frase/kata dalam google.
Tahap Selanjutnya
![]() |
Adword Keyword Planner |
akan muncul beberapa pilihan lalu kliklah link yang ditandai dengan lingkaran paling atas. kemudian isi kolom sesuai keinginan. KOLOM URL BISA DIKOSONGKAN JIKALAU KEYWORD PLANNER DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT / MERUMUSKAN URL DARI BLOG ANDA.
Dilanjutkan dengan menekan submit dan akan tampil hasil dari riset yang anda lakukan. Riset ini juga bisa digunakan untuk judul artikel/post dalam blog anda.
![]() |
Enter Keyword Planner |
setelah adword menampilkan hasil dari riset, dapat dilihat bahwa lingkaran 1 menandakan subyek dari riset anda yang hasilnya ditampilkan dalam kolom-kolom dibawahnya. lingkaran kedua merupakan penjelasan mengenai SEBERAPA TAJAM/SERING KEYWORD TERSEBUT DI CARI DALAM GOOGLE OLEH USER. Semakin tinggi angka menunjukkan bahwa keyword tersebut sering dicari oleh orang dalam google. Angka yang dihasilkan dapat diartiken kedalam beberapa arti. ANGKA TINGGI dapat diartikan baik sebagai popularitas keyword tersebut, artinya jika anda memakai keyword dengan angka average yang tinggi, memungkinkan blog anda sering dikunjungi. DILAIN HAL, angka yang tinggi juga menunjukkan kompetisi yang tinggi, maksudnya adalah, dengan angka yang tinggi, pastinya banyak blog yang memakai keyword yang serupa. Jadi, angka tersebut bukanlah acuan sebagai penentuan keyword dari sebuah blog, pilihlan keyword anda dengan menimbang beberapa hal : Popularitas dan Kompetisi.
Pertanyaan/Query dapat diajukan melalui email dan atau kontak admin yang tersedia untuk penjelasan lebih lanjut.
1 komentar:
komentarNice info
Reply