Cara Memilih Platform Blog Yang Tepat

yourtechtrainer - Dengan perkembangan zaman dan teknologi juga yang semakin canggih, kamu bisa menggunakan platform blogging, dimana kamu bisa menulis biasa seperti kamu menulis di microsoft word. Kamu mungkin akan bingung mau pilih mana platform blog yang tepat buat kamu, karena ada puluhan platform blogging dan bisa kamu gunakan di mbah google.


Tapi saya menyarankan untuk menggunakan platform blog yang udah terkenal saja, yang sering dipakai karena mudah di mengerti menu yang ada didalamnya.
1.         Blogspot (hosted)
2.         Wordpress.com (hosted)
3.         Wordpress.org (self-hosted)
Diatas adalah platform yang udah terkenal dan sering dipakai oleh para blogger.
Kamu masih bingung dengan istilah hosted dan self hosted ? oke saya jelaskan.
Saya jelasin yang hosted dulu, Hosted yang berarti blog yang anda kelola hanya ‘menumpang’ di website mereka. Jadi anda tidak mempunyai website murni milik sendiri, dan alamat blog anda contoh : blogini.blogspot.com
Apa itu Self-hosted, self-hosted kebalikan dari hosted, dimana Anda bisa membuat website sendiri dengan platform bernama WordPress. Dan Website tersebut bisa 100% jadi milik kamu, tapi kamu harus membayar untuk nama domain dan hostingnya.
Hosted dan self-hosted bisa kita ibaratkan rumah dan apartemen, self-hosted anda punya hak dengan kepemilikan sepenuhnya atas rumah kamu, sedangkan hosted hanya memiliki sebuah bangunan yang bukan diatas tanah milik kamu, ya bisa aja kamu digusur atau ribuhkan.
Oke dari sini kalau kamu masih bingung coba pahami lagi,
kalau platform hosted (WordPress.com atau Blogger) :
1.         Kamu akan bebas biaya (Sama sekali tidak ingin keluar biaya)
2.         Hanya akan mendapat fitur yang terbatas
3.         Dengan tampilan yang juga terbatas juga.
4.         Dan kamu harus rela jika suwaktu-waktu website kamuakan dihapus.
Dan Sebaliknya, kalau platform self-hosted (WordPress.org):
1.         Kamu keluar modal sekitar Rp 300ribu/tahun (untuk domain dan hosting)
2.         Website 100% menjadi milik kamu
3.         Memiliki fitur yang lebih dari pada hosted.
4.         Bisa juga menambahkan fitur-fitur apapun yang anda butuhkan
5.         Lebih menunjang blog kamu agar terlihat lebih kredibel

Itu beberapa perbedaan antara hosted dan self-hosted.
Kalau masalah lebih baik mana, seperti yang kita lihat tadi dari dua perbandingan jelas lebig baik Wordpress self-hosted.
Kalau saya pribadi menyarankan jika kamu serius blogging, lebih baik menggunakan self-hosted dari WordPress.org, karena self-hosted akan lebih bagus untuk jangka panjang.
Tapi jika kamu masih belum punya modal, lebih baik kamu menggunakan yang hosted dulu, bangunlag blog.mu sebaik mungkin agar pengunjunga nyaman dengan hasil karyamu. ketika blog kamu udah sukses, kamu bisa kok pindahkan website kamu yang dari hosted ke self-hosted. Bahkan banyak yang melakukan cara seperti ini.
Oke sekian info dari saya, semoga bermanfaat




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »